Mempersiapkan Pembuatan Sarana Upacara Ngaben, Babinsa Koramil Sungai Loban Turut Hadir


Tanah Bumbu – Menjelang pelaksanaan Upacara Ngaben, Anggota Koramil 1022-06/Sungai Loban melaksanakan kegiatan ngayah dalam pembuatan sarana upacara ngaben di Halaman Rumah Alm Bapak I Kadek Sukmanita Desa Kerta Buwana, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. Senin (12/08/2024).


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tokoh Agama Desa Kerta Buwana. Dengan mempersiapkan pembuatan sarana upacara ngaben seperti pemasangan tenda, pembuatan perlengkapan ngaben, pembuatan peti jenazah, dan pembuatan perlengkapan sajen.


Sertu Sunarto, selaku Babinsa Desa Kerta Buwana, mengatakan bahwa kegiatan ngayah ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya dalam mempersiapkan sarana prasarana upacara ngaben yang merupakan tradisi dan budaya masyarakat Hindu.


“Kami anggota Koramil 1022-06/Sungai Loban membantu warga dalam mempersiapkan sarana prasarana yang akan digunakan dalam upacara ngaben. Hal ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa untuk membantu meringankan beban masyarakat.


“Kami dituntut sigap dan tanggap atas segala kesulitan yang dihadapi warga, sehingga dapat terwujud kekompakan, keharmonisan dan kemanunggalan TNI-Rakyat,” ujar Sertu Sunarto.


Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Boni Berdian, S.E yang di wakili Danramil 1022-06/Sungai Loban Kapten Inf Sahlan Nurdibyanto menyampaikan mengapresiasi kinerja Babinsa yang selalu aktif dan berperan dalam setiap kegiatan desa, termasuk kegiatan ngayah ini. Menurutnya, kegiatan ngayah ini dapat bermanfaat untuk menjalin kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat yang terlibat dalam suatu aktivitas tertentu secara bersama-sama.


“kepada Babinsa yang telah membantu warga dalam kegiatan ngayah ini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat, budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan, karena merupakan warisan leluhur yang harus kita jaga dan kembangkan,” tegas Danramil.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama