Layanan Imigrasi Hadir di Plaza Andalas dalam Memeriahkan Peringatan Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024


Padang, 05 Agustus 2024 – Kantor Imigrasi Padang laksanakan layanan paspor di Plaza Andalas Padang dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024 dengan tema “Kementerian Hukum dan Ham Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”. Peringatan hari ulang tahun Kemenkumham kali ini khususnya di Sumatera Barat juga mengusung tema “Layanan Publik Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat Pameran dan Publikasi layanan Administrasi Hukum dan Ham”. Pelaksanaan layanan paspor kali ini berkolaborasi dan bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Agam dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat.


Layanan paspor dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu dimulai dari tanggal 03 Agustus 2024 sampai dengan 04 Agustus 2024. “Para pemohon paspor yang dilayani adalah pemohon paspor yang telah mendapatkan kuota paspor melalui aplikasi M-Paspor dengan total kuota 30 pemohon dalam satu harinya”, ujar Bapak Tedi Hartadi Wibowo, S.H., M.H. selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. Permohonan paspor yang tersedia meliputi permohonan paspor baru atau pergantian elektronik reguler yangmana penerbitan paspor selesai dalam waktu 4 (empat) hari kerja setelah foto dan wawancara paspor. Adapun Petugas pelaksana foto dan scan pada acara kali ini berjumlah 4 (empat) orang dan petugas penyebaran informasi keimigrasian berjumlah 3 (tiga) orang.


Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ibu Ruliana Pendah Harsiwi,S.H., M.H. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. Dalam sambutanya beliau berharap bawah dengan adanya beberapa layanan pada acara ini meliputi layanan keimigrasian,  layanan administrasi hukum umum, layanan kekayaan intelektual, layanan berbasis hak asasi manusia, dan pameran seluruh dari hasil karya warga binaan pemasyarakatan dari seluruh lapas/rutan di wilayah Sumatera Barat dapat memberikan hasil yang signifikan dalam memeriahkan peringatan pengayoman yang ke-79. 


“Salah satu maksud dan tujuan dari acara ini adalah diharapkan agar masyarakat mengetahui tentang layanan dan produk yang ada di Kementerian Hukum dan Ham khususnya Sumatera Barat seperti layanan paspor/keimigrasian, layanan pendaftaran merek dan hak paten, penyusunan peraturan daerah/penyuluhan hukum, dan produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan”, Ucap Bapak Budiman  Hadiwasito, Amd.Im., S.Sos., M.Si., Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Agam selaku koordinator pelaksanaan layanan paspor dalam kegiatan kali ini.



Para masyarakat yang berkunjung di Plaza Andalas sangat antusias dan memberikan apresiasi terlaksananya acara seperti ini di ruang publik. Adapun masyarakat yang berkunjung di stand imigrasi adalah selain pemohon paspor, juga masyarakat yang membutuhkan beberapa informasi mengenai keimigrasian seperti tata cara pembuatan paspor melalui aplikasi M-Paspor, permohonan paspor hilang dan rusak, dan lain-lain. 


Selain stand layanan keimigrasian juga terdapat beberapa stand bidang lainnya diantaranya stand pemasyarakatan, stand lpp/lapas perempuan, stand kekayaan intelektual, stand layanan administrasi hukum umum, dan stand layan ham dan penyuluh. Adapun beberapa produk yang ditampilkan adalah  produk hasil kerajinan tangan warga binaan seperti, sajadah, batik gambir, sendal, tempat tisu, sovenir, produk pengolahan kue basah, produk pertanian jagung, budidaya ubi kayu, budidaya ikan air tawar dan lainnya. Disela-sela layanan juga ditampilkan talk show interaktif dengan mengangkat tema beberapa layanan yang dimiliki oleh Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat. (*)

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama