Polda Papua Laksanakan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II T.A. 2024


Jayapura – Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si., didampingi Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Sjamsul Sidiq, M.H., dan Irbidjemen Opsnal II Itwil II Itwasum Polri Kombes Pol. Adi Wibowo, S.H., M.H., memimpin langsung Kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II T.A. 2024 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda Papua, Selasa (30/07).


Kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri ini berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jl. Dr. Sam Ratulangi No.8, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, dan turut dihadiri oleh PJU Polda Papua, Para Kapolres/ta serta Kasubbagrenmin Jajaran Polda Papua.


Dalam kesempatannya Irwil II Itwasum Polri, Brigjen Pol. Drs. Sjamsul Sidiq, M.H., menyampaikan pernyataan terkait hasil audit kinerja Itwasum Polri wilayah II tahap II tahun anggaran 2024 di Polda Papua.


“Pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kapolda Papua beserta seluruh staf atas keterbukaan, dan kerjasama yang telah diberikan selama tim audit kinerja berada di wilayah hukum Polda Papua,” ucapnya.


Lebih lanjut Brigjen Pol. Drs. Sjamsul Sidiq, menambahkan bahwa Pelaksanaan audit kinerja ini bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kepatuhan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan organisasi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi satuan kerja Polri.


“Selain itu audit juga merupakan peringatan dini dalam upaya meningkatkan efektifitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi polri, serta memberikan masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri,” pungkasnya


Pada kesempatan yang sama Wakapolda Papua Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H., M.Si., dalam sambutannya mengucapkan selamat atas selesainya pelaksanaan tugas audit kinerja yang telah berlangsung lancar, aman dan tertib sesuai dengan jadwal yang direncanakan.


“Kepada seluruh Kasatker Jajaran Polda Papua yang menjadi obyek audit kinerja, saya juga sampaikan terima kasih, atas kerjasama dan kesungguhan saudara – saudara dalam menyajikan data-data, dokumen-dokumen maupun informasi-informasi yang dibutuhkan tim,” ucapnya.


Wakapolda Papua juga memahami bahwa audit kinerja merupakan salah satu fungsi manajemen kepolisian yang tidak dapat dipisahkan dengan fungsi – fungsi manajemen lainnya, dan audit kinerja dilakukan untuk memastikan akuntabilitas aparatur polri yang jujur dan bersih, guna mencegah terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang.


“Bahwa dari penyampaian pernyataan hasil audit yang telah dibacakan oleh ketua tim audit kinerja Itwasum Polri, yang telah mengungkapkan hasil kinerja Polda Papua yang sesungguhnya, baik dibidang manajemen operasional, bidang SDM, bidang sarpras maupun bidang garkeu khususnya pada aspek pelaksanaan dan pengendalian,” imbuhnya.


Wakapolda Papua juga menekankan terkait penemuan-penemuan yang harus ditindak lanjuti dan perlu untuk dilakukan perbaikan guna menciptakan Polri yang Responsif dan Terpercaya.


“Saya berkeyakinan, bahwa kekurangan - kekurangan tersebut tidak dilakukan secara sengaja, sebab pada kenyataanya dalam melaksanakan tupoksinya para penanggung jawab kegiatan telah berupaya semaksimal mungkin,” ujar Wakapolda Papua.


Dan diakhir sambutannya, Brigjen Pol. Patridge berpesan kepada tim audit, agar tetap memberi saran dan masukan dalam proses penuntasan temuan-temuan, demi terwujudnya akuntabilitas kinerja Polda Papua.


“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pengawas dan tim audit Itwasum Polri, yang telah membantu saya dengan memposisikan diri sebagai konsultan yaitu dengan memberikan bantuan baik dorongan moril, petunjuk, maupun masukan yang bersifat membangun,” pungkasnya.


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama