Bekali Materi Wasbang, Belneg dan Cinta Tanah Air kepada Pelajar SMP dan SMA, Dandim 1022/Tnb utus Kasdim

 



Tanah Bumbu - Kepala Staf Kodim 1022/Tanah Bumbu bersama Pasi Ter Kodim 1022/Tanah Bumbu memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada perwakilan siswa/siswi SMA dan SMP sekabupaten Tanah Bumbu yang di selenggarakan di Bumi Perkemahan Km 9 Jln. Serongga Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (27/07/2024).


Pada kesempatan tersebut, Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Boni Berdian, S.E yang diwakili Kasdim 1022/Tanah Bumbu Mayor Inf Dedi Haryanto, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme kepada generasi muda.


Menurutnya, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan pesatnya laju modernisasi saat ini memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, namun berbagai pengaruh positif dan negatif juga terdapat didalamnya seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pergaulan seks bebas, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya maka untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa di era globalisasi seperti saat ini diperlukan pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan.


"Setiap generasi muda merupakan masyarakat baru, para pejuang baru yang harus memperoleh pengetahuan dan mempelajari keahlian serta mengembangkan karakter atau watak publik maupun privat yang sejalan dengan demokrasi untuk kemajuan bangsa dan negara, maka sikap mental ini harus dipelihara dan dipupuk melalui sikap kedisiplinan dan keteladanan," terang Kasdim.


Kasdim menjelaskan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah dan cita-cita serta tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahaman wawasan kebangsaan dalam diri generasi muda dirasa masih kurang.


"Oleh sebab itu, pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan pada generasi muda sangat dibutuhkan karena dengan semakin kuat dan kokoh nya pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini dapat menjadi benteng dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi," ujarnya.


Selain itu, Pasi Ter Kodim 1022/Tanah Bumbu Kapten Inf Wahyono juga memberikan sedikit wawasan kebangsaan kepada para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan kecintaan generasi muda terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta memupuk mental dan keberanian para generasi muda agar memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif.


“Pembinaan wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air ini penting bagi setiap warga negara agar semakin mencintai bangsa ini sehingga mempunyai daya tangkal yang kuat terhadap hal-hal yang dapat membahayakan kedaulatan NKRI," pungkas Pasi Ter.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama